Omah Munir Batu, Perjalanan Pergolakan Batin Membaca Munir

Suatu pergolakan batin dan ratap haru adalah suatu rasa ketika menjejak di rumah Munir Said Thalib. Sebuah omah munir baturumah yang menjadi saksi perjuangan beliau, tempat yang menggambarkan kesederhanaan tanpa kekayaan.

Rumah ini terletak di Jalan bukit berbunga kota wisata batu, ketika akan menuju selecta coba menengoklah ke kanan sebelum hotel Purnama.

Rumah kecil yang terlihat sederhana tanpa ada gambaran kekayaan, dari kejauhan pun terlihat foto Munir diatas motor dengan helm full face yang dipakai separuh kepala. Sungguh gambaran generasi 90an tapi bukan gaya 90’an yang necis. Bahkan menurut petugas penjaga di Omah Munir motor itu hingga akhir hayatnya masih dalam status kredit yang belum lunas.

Bayangkan, motor itu hanya Honda Astrea Grand buatan awal 90an sementara beliau wafat 2004. Tentu logika kita akan berjalan, bahkan mobilnya Toyota Corona buatan akhir 80an.

Apa yang ada di dalam Omah Munir

omah munir batu malangGambaran rumah dan kendaraan beliau sehari-hari adalah wujud dari kejujuran beliau dalam berjuang. Di teras depan terdapat buku tamu yang isinya sudah banyak, yang beberapa adalah tamu dari luar negeri.

omah munir ini terdapat beberapa ruang yang ruang utamanya di gunakan sebagai display Museum. Ruang kedua adalah perpustakaan yang berisi koleksi buku2 Munir dan juga berkas2 perkaranya.

Sudut yang paling menggetarkan adalah paparan Kasus Marsinah. Sungguh kalau kita tak terharu atau meneteskan air mata mungkin kita bukan manusia yang berhati. paparan ini menjelaskan detik demi detik perkembangan kasus marsinah.

Dan sekarang pun apa kabarnya kita tidak ada yang tau.

Juga ada paparan singkat mengenai hilangnya mahasiswa di Tahun 98, juga kasus aceh dan beberapa kasus2 hak asasi manusia lain yang ditanganinya ketika berada di Kontras.

 

omah munir batuBerkenalan dengan Tokoh Munir

Munir Said Thalib (lahir di Malang, Jawa Timur, 8 Desember 1965 – meninggal di Jakarta di dalam pesawat jurusan ke Amsterdam, 7 September 2004 pada umur 38 tahun) adalah seorang aktivis HAM Indonesia keturunan Arab-Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial. Saat menjabat Dewan Kontras namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu. Ketika itu dia membela para aktivis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar dari Kopassus. Setelah Soeharto jatuh, penculikan itu menjadi alasan pencopotan Danjen Kopassus Prabowo Subianto dan diadilinya para anggota tim Mawar.

Munir adalah seorang tokoh, seorang pejuang sejati, seorang pembela HAM di indonesia. Pria kelahiran Malang, 8 Desember 1965 ini adalah seorang aktivis muslim ekstrem yang kemudian beralih menjadi seorang Munir yang menjunjung tinggi toleransi, menghormati nilai-nilai kemanusiaan, anti kekerasan dan berjuang tanpa kenal lelah dalam melawan praktik-praktik otoritarian serta militeristik. Ia adalah seorang aktivis yang sangat aktif memperjuangkan hak-hak orang tertindas. Selama hidupnya ia selalu berkomitmen untuk selalu membela siapa saja yang haknya terdzalimi. Tidak gila harta, pangkat, jabatan, dan juga fasilitas. Ia membuktikannya dengan perbuatan. Ketika ia mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah sebagai penerima “The Right Livelihood Award” ia tidak menikmatinya sendiri, melainkan membagi dua dengan Kontras, dan sebagian lagi diserahkan kepada ibunda tercintanya. Di tengah maraknya pejabat berebut fasilitas, Munir malah tidak tergoda. Ia tetap menggunakan sepeda motor sebagai teman kerjanya. Seorang tokoh kelas dunia yang sangat bersahaja.

Itulah cerita kami dalam perjalanan pagi hari dalam petualangan Good Holiday. Gunakan jasa kami bersama orang baik untuk orang baik. Kami Good Holiday sebuah social entrepeneurship yang akan selalu berusaha menebarkan kebaikan dalam setiap perjalanan.

How to get there

Anda bisa menggunakan angkutan umum dari Kota batu berwarna Orange jurusan Batu Selecta Sumberbrantas.

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi cari arah Selecta posisi Museum Omah Munir kanan jalan sebelum Hotel Purnama.

Bisa juga gunakan sewa mobil Malang Batu Good Holiday untuk menuju ke sana.

Saran kami gunakan pakaian yang sopan karena di sini adalah Museum Hak Asasi Manusia yaa..setidaknya pantas.

Okay Good Friends..

Good Holiday for good people

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *